Thursday, May 5, 2022

Sejarah Perumusan Pancasila

Pancasila merupakan dasar dari negara indonesia yang terlahir karena adanya proses dan juga digali dari kebudayaan bangsa yang kemudian dijadikan sebagai idiologi nasional. Istilah dari pancasila pertama kali ditemukan pada buku Sutasoma karangan yang dibuat dari Empu Tantular dimana sejarah dari pembuatan pancasila yang telah dituliskan didalam bukunya bahwa istilah pancasila memiliki dua pengertian antara lain.
  1. Berbatu sendi, yang lima
  2. Pelaksanaan lima kesusilaan, antara lain dilarang berbuat keras, tidak boleh mencuri, jangan berjiwa dengki, berbohong, mabuk dan juga minuman keras
Pancasila dalah dasar dari negara indonesia yang mempunyai filosofi dimana terdiri dari dua kata yaitu berasal dari bahasa Sanskerta yang mempunyai arti panca yang artinya lima, sedangkan sila yang berarti prinsip atau dasar. Perumusan pancasila terjadi pada tanggal 29 April 1945, pemerintahan jepang kemudian membentuk sebuah lembaga dalam bahasa jepang yang bernama Dokuritsu Jumbi Choosakai sedangkan dalam bahasa indonesia adalah Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau (BPUPKI) yang mempunyai anggota 62 anggota BPUPKI yang dilantik pada tanggal 28 Mei 1945 yang juga diketahui oleh Dr.Radjiman Widyoningrat dan juga wakilnya R. Panji Soeroso dan juga Ichibangase (orang jepang).
BPUPKI mulai bekerja pada tanggal 29 Mei 1945 dimana tugas dari BPUPKI adalah membuat rancangan dasar negara dan juga membuat rancangan Undang-Undang Dasar. BPUPKI melakukan sidang pertama kali pada tanggal 29 Mei 1945 dan juga 1 Juni 1945 yang mempunyai berbagai masukan mengenai dasar negara indonesia. Dimana ada beberapa usulan rumusan antara lain.

1. Muhammad Yamin

Didalam usulannya muhammad yamin tidak menggunakan teks yang langsung dengan lisan, antara lain sebagai berikut.
  • Peri Kebangsaan
  • Peri Kemanusiaan
  • Peri Kehutanan
  • Peri Kerakyatan
  • Kesejahteraan Sosial atau (keadilan sosial)
setelah melakukan pidato muhammad yamin menyampaikan usulnya tertulis didalam UUD yang dirancang didalam Rancangan Pembukaan UUD tersebut. Yang mempunyai lima rumusan tentang asas negara merdeka yang mempunyai isi sebagai berikut.
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kebangsaan Persatuan Indonesia
  3. Rasa Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratn Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

2. Soepomo

Yang menyampaikan lima asas bagi negara republik indonesia diantaranya
  1. Persatuan
  2. Kekeluargaan
  3. Keseimbangan Lahir Dan Batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan Rakyat

3. Soekarno

Didalam memberikan masukan tentang asas negara indonesia, Ir.Soekarno juga menyumbangkan masukan antara lain sebagai berikut.
  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme Atau juga Kemanusiaan
  3. Mufakat Atau juga Demokrasi
  4. Kesejahteraan Sosial
  5. Ketuhanan Yang Berkebudayaan
sidang BPUPKI yang dilakukan pada tanggal 29 Mei 1945 – 1 Juni 1945 yang belum bisa menetapkan ketiga usulan serta rumusan dasar negara yang dijadikan sebuah dasar dalam negara indonesia, dan kemudian dibentuklah sebuah panitia yang mempunyai anggota sembilan orang yang dikenal juga dengan sebutan Panitia Sembilan, anggota dari sembilan panitia tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Ir. Soekarno, ketua yang juga merangkap anggota
  2. H. Agus Salim, sebagai anggota
  3. Mr. Ahmad Soebardjo, sebagai anggota
  4. Mr. Muhammad Yamin, sebagai anggota
  5. Drs. Mohammad Hatta, sebagai anggota
  6. Mr. AA. Maramis, sebagai anggota
  7. Kyai Hadi Wachid Hasyim, sebagai anggota
  8. Abdul Kahar Muzakkir, sebagai anggota
  9. Abikusno Tjokrosujoso, sebagai anggota
Dan pada tanggal 22 juni 1945 anggota dari panitia sembilan, yang berasil merumuskan sebuah naskah Rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar, dan kemudian lebih dikenal sebagai Piagam jakarta atau (Djakarta Charter) yang mempunyai isi antara lain sebagai berikut.
  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi  pemeluk-pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradap
  3. Persatuan indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
Dan berdasarkan perintah dari presiden No.12 tahun 1968 tanggal 13 april tahun 1968, mengenai rumusan masalah dalam dasar negara indonesia serta tata cara penulisannya. Rumusan pancasila yang benar atau (shohih) dan juga sah dimana tercantum didalam Undang-Undang Dasar 1945 yang ditetapkan dan juga disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 agustus 1945 adalah pancasila serta rumusan dari pancasila antara lain.

  1. Ketuhanan yang maha esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradap
  3. Persatuan indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
konveksi jambi
konveksi medan
konveksi jogja
konveksi semarang
konveksi surabaya

1 comment: